Senin, 23 Oktober 2017

Alasan 10 Jenis Makanan ini Dipilih Sebagai Superfood

Rob Hobson, ahli nutrisi di Inggris mengumumkan 10 makanan yang disebut dengan Superfood. Belakangan ini artikel ini juga muncul di surat kabar Inggris Daily Express. Dibawah ini adalah alasan mengapa 10 jenis makanan ini disebut dengan Superfood.  



Telur
Setengah dari populasi manusia mengkonsumsi telur setiap hari. Telur merupakan bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Telur juga membantu dalam menjaga berat badan. Penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi telur pada pagi hari dapat mengurang nafsu makan dalam 1 hari. Protein yang terdapat di dalam telur dapat menjaga kita supaya tetap kenyang. Berbanding terbalik dengan apa yang diketahui kebanyakan orang, telur tidak begitu mempunyai dampak pada kolesterol. Tidak ada batas maksimal berapa butir telur yang dapat dikonsumsi selama 1 minggu.


Ikan yang mengandung banyak minyak
Salmon, tuna, trout, haring, makarel, dll merupakan ikan sumber lemak omega 3.  Lemak omega 3 berubah menjadi asam lemak yang diperlukan tubuh di dalam tubuh manusia dan bermanfaat untuk mengurangi infeksi dan membantu metabolisme tubuh. Kekurangan lemak omega 3 dapat menyebabkan kelainan mental, depresi, turunnya daya penglihatan, penyakit jantung, dll.



Sayuran hijau
Kubis, brokoli, bayam, dll merupakan sayuran hijau yang tidak begitu terkenal di kalangan masyarakat. Sayuran-sayuran tersebut mengandung zat besi, magnesium, dan asam folat. Sayuran-sayuran ini merupakan sumber kalsium yang baik bagi orang-orang yang tidak bisa mengkonsumsi susu ataupun yang penyerapan kalsiumnya lambat. Kandungan Lutein, Betakarotin, dan antioksidan pada sayuran-sayuran tersebut juga berguna bagi kesehatan mata.



Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber magnesium, zat besi, selenium, vitamin E, dan vitamin B yang berguna bagi tubuh. Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh yang juga membantu menjaga kesehatan jantung. Karena tingkat kalori yang tinggi, disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan secukupnya. Mengkonsumsi kacang-kacangan tanpa dimasak terlebih dahulu lebih baik untuk kesehatan daripada menggorengnya atau memberikan garam diatasnya.



Quinoa
Berbeda dengan gandum, Quinoa mengandung 9 jenis asam Amino yang diperlukan tubuh. Ini adalah bahan makanan yang berguna untuk vegetarian. Quinoa merupakan sumber serat, magnesium, zat besi, seng, dll. Quinoa cocok dikonsumsi dengan havermut. 




Roti gandum
Roti gandum kaya akan magnesium dan zat besi. Roti gandum mempunyai serat 5 kali lebih banyak dibandingkan roti yang terbuat dari tepung terigu. Serat ini mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus. Menu yang direkomendasikan untuk pagi hari adalah roti gandum dengan toping alpukat dan telur.



Yoghurt
Yoghurt kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan membantu fungsi otot. Yoghurt juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin B12. Vitamin B12 baik berfungsi memproduksi sel darah merah dan membantu sistem syaraf.



Buncis 
Jenis kacang-kacangan terutama buncis merupakan sumber yang baik untuk serat, magnesium, kalsium, seng, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat membantu untuk kesehatan jantung. 



Akar bit
Akar bit kaya akan seng dan zat besi yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Warna merah gelapnya mengandung Betacyanin yang mengandung antioksidan. Akar bit membantu kita menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit dengan membuang oksigen aktif yang dapat menyebabkan kanker.




Buah yang sudah dikeringkan
Buang yang dikeringkan kaya akan zat besi, kalium, dan kalsium. Buah yang sudah dikeringkan ini juga berguna sebagai cemilan sehat.



Jika bapak/ibu memiliki pertanyaan, jangan sungkan
untuk bertanya kepada kami lewat
(Whatsapp, Kakaotalk, Line) di nomor (+82-10-7631-3033)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar