Senin, 28 Agustus 2017

Pentingnya Menjaga Berat Badan yang Benar


Sejak dulu ada tingkatan seberapa besar lemak perut yang dikatakan mengkhawatirkan tetapi trend yang ada sekarang adalah mengukur berdasarkan penyakit yang di derita. 

Untuk orang yang menderita obesitas, tidak hanya mempunyai kemungkinan menderita penyakit lebih banyak daripada orang biasa tetapi juga kemungkinan meninggalnya lebih tinggi 20% dibandingkan dengan orang yang tidak menderita obesitas. Karena itu kemungkinan untuk mengidap penyakit dapat dikurangi dengan mengontrol berat badan yang cukup.


Obesitas adalah keadaan dimana jumlah lemak yang menumpuk di dalam tubuh melebihi kapasitas normal. 

Jika nutrisi yang terserap ke dalam tubuh melebihi jumlah energi yang terpakai maka sisa energi akan berubah menjadi lemak yang menumpuk yang kemudian menjadi obesitas. 

Tetapi asupan makanan yang sedikit juga bisa menyebabkan obesitas. Contohnya adalah pada orang penderita hypothyroid metabolisme tubuhnya lemah sehingga berat badan mudah naik dan mudah lelah serta kulitnya mudah kering. Untuk orang yang mengkonsumsi obat-obatan rutin, tanpa makan banyak pun berat badan akan mudah naik. Pada wanita yang telah memasuki masa menopause, berat badan akan mudah sekali naik.




Lalu bagaimana cara menjaga berat badan yang efektif dan aman? 

Untuk mencegah dan mengobati obesitas ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu memperbaiki pola makan, olahraga dan memperbaiki pola hidup, dan terapi obat. Diantara ketiga faktor tersebut, yang paling diutamakan adalah pola makan yang salah dan bagaimana cara mengontrol jumlah penyerapan makanan ke dalam tubuh. Kita harus terlebih dahulu tahu pola makan kita yang seperti apa yang salah lalu baru kita dapat mengontrol jumlah makanan yang diserap tubuh kita. 



Jika kamu mengurangi asupan makanan sebanyak 500kcal dalam sehari, dan 3500kcal dalam seminggu, jumlah ini sama dengan mengurangi berat badan sebesar 0.5kg. Walaupun kamu tidak melakukan apapun, dengan mengurangi 500kcal makanan dalam seminggu berat badan kamu akan turun sebesar 0.5kg, dan 2kg dalam sebulan. Turun 2kg dalam sebulan mungkin tidak berasa apa-apa, tetapi dengan tetap memperhatikan kesehatan tubuh kita, cukup untuk mengurangi berat badan 2~3kg dalam sebulan.




Mengecek pola olahraga dan pola hidup kamu sehari-hari juga sangat direkomendasikan. Apakah kamu sering kesana kemari naik mobil atau duduk di kantor dalam waktu yang lama, bagaimana frekuensi kamu naik lift, atau apakah kamu sama sekali tidak ingat berolahraga dalam seminggu belakangan ini, semuanya itu harus di cek dahulu. Dibandingkan dengan memakai mobil sendiri pakailan angkutan umum, berjalan kakilah ke tempat tujuan yang dekat, pakailah tangga dibandingkan dengan lift, dll. Merubah kebiasaan hidup menjadi lebih baik untuk kesehatan ini sangat direkomendasikan. Melakukan olahraga aerobik dan non-aerobik secara bergantian juga sangat disarankan.





Jika berat badanmu tidak turun setelah memperbaiki pola makan dan olahraga yang rutin selama 3 bulan lebih, maka kamu harus mengontrol nafsu makanmu dan menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh dengan cara lain. Mungkin dengan mengkonsumsi obat merupakan salah satu cara untuk membantu mengurangi berat badanmu. Pola makan yang benar dan berolahraga serta menciptakan kebiasaan pola hidup yang baik sangatlah penting untuk kesehatanmu. 



Jika bapak/ibu memiliki pertanyaan, jangan sungkan
untuk bertanya kepada kami lewat
(Whatsapp, Kakaotalk, Line) di nomor (+82-10-7631-3033)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar