Senin, 03 Juli 2017

Metode Olahraga yang Sehat untuk Musim Panas


Musim panas adalah dimana kita memikirkan pantai yang sejuk, tetapi juga dimana aktivitas badan kita menurun karena kelelahan akibat udara yang begitu panas.

Pada musim panas keringat tidak bisa berhenti mengalir karena kelembapan dan suhu yang tinggi, panas dalam tubuh juga tidak bisa dilepaskan dengan olahraga, kita juga mudah sekali mengalami dehidrasi. 

Semua ini bisa mengakibatkan tingkat kelelahan yang meningkat, stress, dan keletihan karena panas.


3 olahraga terbaik yang direkomendasikan untuk musim panas

1. Berenang atau olahraga air yang bisa melepaskan panas dalam tubuh

Berenang dianjurkan untuk orang-orang yang berusia 50-60an yang mempunyai sendi yang lemah sedangkan untuk yang melakukan olahraga air harap berhati-hari terhadap kram dan patah tulang.


2. Meningkatkan kecepatan dengan bermain tenis

Hindari siang hari, lakukanlah di waktu sore hari.


3. Olahraga indoor – Tenis meja

Terlalu lama di dalam ruangan yang tertutup bisa menimbulkan kesulitan bernafas jadi ventilasi sangat diperlukan.



5 hal yang harus diperhatikan saat berolahraga pada musim panas

1. Mengurangi waktu berolahraga dibandingkan dengan waktu biasa. Berolahragalah dalam kurun waktu 1 jam dan sering-seringlah beristirahat.


Dalam kurun waktu yang lama, dibandingkan dengan terus-menerus melakukan olahraga sekali-sekali beristirahat adalah hal yang penting.

Jika dibandingkan dengan musim lain, kurangi waktu olahraga yang dilakukan pada musim panas menjadi sekitar 30 menit sampai 1 jam saja, pada saat tingkat kelembapan udara tinggi kurangi waktu olahraga sekitar 10~20%, pada kasus olahraga yang membutuhkan waktu yang lama beristirahatlah selama 10 menit setiap 30 menit berolahraga.


2. Berolahragalah pada pagi hari atau pada sore hari saat matahari terbenam.


Hindari berolahraga diluar antara pukul 11 siang sampai pukul 4 sore karena sinar matahari yang kuat.

Untuk orang yang suka bangun pagi, direkomendasikan untuk berolahraga antara pukul 6 sampai 8 pagi sebelum makan pagi.

Olahraga pada pagi hari meningkatkan stamina jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot, dan dapat membantu mengatasi obesitas.

Tetapi untuk orang yang pernah terkena stroke dan mempunyai penyakit jantung disarankan untuk tidak melakukan olahraga pada saat subuh.

Olahraga malam dilakukan pada pukul 7 sampai dengan pukul 10 malam setelah makan malam. 

Berjalan santai dan olahraga semacam stretching (pemanasan) dan jogging yang ringan sangat direkomendasikan.

Olahraga malam baik terutama untuk orang mengidap penyakit darah tinggi dan diabetes.

Tetapi olahraga pada malam hari dapat mengakibatkan insomnia, jadi disarankan untuk berhenti berolahraga 1 jam sebelum tidur.


3. Minumlah air yang cukup walaupun kamu tidak merasa haus saat berolahraga.


Biasanya saat berolahraga, setiap jam keringat yang keluar dari dalam tubuh kita sebanyak 0.75~1 liter tetapi pada saat musim panas jumlah keringat yang keluar jauh lebih banyak.

Pada saat dehidrasi, jumlah air yang keluar dari tubuh sekitar 3~5% dari berat badan kamu. 

Di saat seperti ini kekuatan berolahraga dan stamina menurun dan kalau kamu terus berolahraga akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Pada saat berolahraga hindarilah minum minuman bersoda dan jus, tetapi disarankan untuk minum air dingin dan sports water yang mengandung gula dibawah 10%.

Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi minuman beralkohol dan kafein karena dapat memicu produksi urin dan menyebabkan dehidrasi.


4. Untuk olahraga pada siang hari pakailah topi dan oleskan sun cream pada kulitmu.



5. Untuk melepaskan panas dari dalam tubuh, pakailan pakaian yang longgar atau pakaian olahraga.






Jika bapak/ibu memiliki pertanyaan, jangan sungkan
untuk bertanya kepada kami lewat
(Whatsapp, Kakaotalk, Line) di nomor (+82-10-7631-3033)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar