MENGATASI KERONTOKKAN RAMBUT



Makanan dan Nutrisi yang bisa mencegah kerontokan rambut



1.     Vitamin dan zinc, gandum dengan kandungan tembaga yang banyak

Kerontokan rambut dan enzim yang membuat rambut rontok karena faktor genetic bisa dibantu dengan cara makan kita. Contohnya adalah beras coklat, serta kacang-kacangan. Apalagi beras coklat mengandung vitamin B, vitamin B1, protein, dll total 16 macam nutrisi, serta triptofan dan tirosin yang ikut membuat pigmen melanin yang dapat memperhitam rambut.

2.     Ganggang laut yang kaya vitamin, yodium, dan zat besi

Rumput laut, dan berbagai macam jenis tumbuhan di laut yang kaya yodium, zat besi, dan kalsium memberikan nutrisi kepada rambut agar rambut terus bertumbuh dan mengurangi kerontokkan rambut.
Yodium, secara khusus memberikan nutrisi esensial untuk membangun pertumbuhan rambut. Kekurangan zat yodium mengakibatkan kekurangan hormone tiroid yang membuat pertumbuhan rambut lama dan berefek kepada kerontokan. Alga-alga laut yang kaya vitamin A, D, dan E juga membantu regenerasi rambut.

3.     Vitamin E

    Jika anda Stress, maka proses pengaliran darah ke yang membantu pertumbuhan rambut juga berkurang, sehingga menyebabkan kerontokan rambut. Vitamin E sangat bagus untuk membantu proses aliran darah untuk membantu pertumbuhan rambut.
Contoh : biji bunga matahari, wijen, kacang pinus, dll

4.     Kacang-kacangan yang kaya protein nabati.

Kacang kedelai yang mengandung protein dengan kualitas tinggi sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Kandungan gula di kacang kedelai juga rendah namun kaya terhadap asam lemak yang esensial seperti asam linoleat dan isoflavon yang membantu pencegahan rambut rontok.
Namun, karena saponin di kacang kedelai melepaskan yodium ke dalam tubuh, jika kekurangan zat yodium dapat dibantu dengan ganggang laut.

5.     Kacang-kacangan yang kaya mineral dan asam lemak tidak jenuh.

vitamin E yang membantu meningkatkan peredaran darah dan membantu rambut rontok karena stress. Kacang kenari kaya mineral seperti vitamin E dan magnesium, asam alfa-linoleat, setipe dengan lemak asam omega 3, yang baik untuk mengobati rambut rontok yang disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancer.
Kacang pinus, yang kaya terhadap vitamin E dan tokoferol, membantu membersihkan pembuluh darah, menguatkan pori-pori, dan membantu mebuat rambut mengkilap. Makanan lain yang kaya vitamin E juga ada biji bunga matahari dan kacang wijen.

6.     sayuran dan teh yang kaya antioksidan

teh yang terbuat dari daun teh hijau kaya akan kandungan carcetine dan catechin membantu mengurangi faktor-faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Bayam dan sayur lain yang kaya mineral seperti vitamin, zat besi, dan antioksidan membantu mengurangi rambut rontok. Khususnya beta karoten wortel setelah dikonversi menjadi vitamin A membantu kulit kepala dan rambut tetap sehat.




Makanan yang menyebabkan rambut rontok

1.     makanan yang dapat menginduksi aktivitas kelenjar sebaceous sehingga meningkatkan lemak hewani

rambut rontok karena genetik disebabkan oleh enzim folikel rambut pada hormon pria. Enzim tersebut muncul karena makan makanan berminyak seperti lemak hewani. Tingginya lemak hewani juga meningkatkan sekresi sebum, yang mengganggu pertumbuhan rambut,
khususnya makanan instan banyak mengandung asam lemak jenuh, bisa mempercepat infeksi kulit dan kerontokan rambut. Mengkonsumsi daging yang banyak juga bisa menyebabkan kenaikkan hormone yang tinggi dan menurunkan enzim pertumbuhan rambut sehingga terjadi kerontokan rambut.

2.     kafein dan alcohol yang mengganggu peredaran darah

pertumbuhan rambut dibantu oleh mineral. Alcohol dapat mengganggu sirkulasi peredaran mineral dalam tubuh. Selain itu alcohol juga membuat rambut semakin berminyak sehingga berdampak pada kerontokkan rambut.
Mengkonsumsi kafein juga berdampak buruk terhadap peredaran darah yang membuat rambut semakin rontok. Diusahakan untuk tidak minum kopi lebih dari 3 gelas sehari, dan minuman kaleng yang ada kandungan kafein lebih dari 1 kaleng.

3.     Karbohidrat murni yang merupakan racun terhadap kesehatan rambut

Karbohidrat olahan adalah gandum yang sudah disintesiskan atau dimodifikasi secara artifisial. Contoh karbohidrat adalah gula, tepung putih, dan nasi putih. Mengkonsumsi makanan tersebut dapat meninggikan hormone insulin di dalam tubuh yang tidak baik untuk pertumbuhan rambut. Kalau makan makanan mengandung karbohidrat sebagai cemilan tengah malam seperti mie instan dapat dicerna menjadi lemak di dalam tubuh dan pertumbuhan rambut yang seharusnya berjalan dengan normal tertunda dengan hal ini. Jadi diusahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tepung lebih dari sekali dalam sehari sebisa mungkin.


mau tau lebih lanjut perawatan wajah atau rambut yang pas untuk kamu?
silahkan hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut



Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbaiki Tiap Jenis Secara Efektif Dagu Pendek Yang Kelihatan Murung

Bagaimana Cara Menyembunyikan Betis Bertelur

Mari kita menghilangkan garis senyum dengan cara mudah ~