Alasan Kenapa Harus Puasa Sebelum Operasi


Pada umumnya diharuskan untuk puasa sebelum anestesi sedasi dan umum. Durasi puasa tiap rumah sakit bisa berbeda. Kalau di Wonjin diinformasikan untuk puasa selama 6 jam sebelum anestesi sedasi dan 8 jam puasa untuk anestesi umum. Kalau begitu kenapa harus puasa sebelum operasi?


 Ini semua demi operasi yang aman. Ketika anestesi umum, lambung juga terbius di mana semua fungsi refleksi tubuh lagi hilang. Sebaliknya durasi puasa anestesi sedasi pendek, berbeda dengan anestesi umum di mana masih ada kesadaran dan bisa bernafas sendiri.


Bila melakukan anestesi umum tapi tidak puasa sebelum operasi, bisa mengakibatkan pneumonia aspirasi atau penutupan saluran napas karena isi perut bisa naik dan masuk ke saluran pernapasan. 



 Pneumonia aspirasi sebab masuknya isi perut adalah salah satu komplikasi yang paling menakutkan dalam anestesi umum dan dilaporkan bahwa tingkat kejadiannya dilaporkan 1 per 2.100 orang atau 1 per 8.600 orang.  Pnemonia aspirasi dapat terjadi di berbagai waktu selama intubasi atau ketika tabung dikeringkan dan juga saat operasi darurat daripada operasi biasa, kemudian diketahui lebih umum pada anak-anak daripada orang dewasa. 




 Faktor resiko untuk pneumonia aspirasi adalah kehamilan, tingkat obesitas melebihi 35kg/m2 obesitas, menelan makanan padat dalam waktu 6 jam setelah anestesi, menggunakan analgesik narkotik dalam 4 jam setelah anestesi, penutupan gastrointestinal, penurunan kesadaran, overdosis obat, trauma, operasi esophagus sebelumnya atau disfungsional esophagus, jika ada kesulitan menelan atau bernapas, cedera kepala, trakeostomi, dan kerusakan saluran napas. 




 Namun, dalam kasus obat tekanan darah, disarankan untuk mengkonsumsi sampai pagi hari operasi. Jika berhenti mengkonsumsi obat tekanan darah tiba-tiba, bisa saja tekanan darah malah naik, dan kemungkinan ada peningkatan tekanan darah selama operasi anestesi. Minumlah obat tekanan darah dengan sedikit air di pagi hari operasi. Jika tekanan darah tinggi, operasi dapat di tunda sampai tekanan darah stabil sambil minum obat.




Kemudian ada kasus di mana makan berlebihan sehari sebelumnya karena harus puasa sebelum operasi. Disarankan untuk makan makanan dengan porsi seperti biasa atau makan makanan ringan sejenis sayuran karena bisa menyebabkan muntah selama operasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbaiki Tiap Jenis Secara Efektif Dagu Pendek Yang Kelihatan Murung

Bagaimana Cara Menyembunyikan Betis Bertelur

Mari kita menghilangkan garis senyum dengan cara mudah ~