Selasa, 20 Februari 2018

Anastesi Lokal VS Anastesi General

Bagian wajib dari operasi plastik adalah anastesi! Jenis anastesi secara garis besar dibagi menjadi anastesi topikal, anastesi lokal, dan anastesi general. Tetapi kebanyakan pasien bingung membedakan anastesi lokal dan anastesi general. Jadi hari ini kami akan menjelaskan perbedaan anastesi lokal dan anastesi general secara sederhana.


Apa itu anastesi lokal?
Anastesi lokal adalah anastesi yang masuk melalui suntikan infus ke pembuluh darah yang memberikan efek hipnotis dan relaksasi tubuh. Untuk lebih mudahnya, anastesi ini membuat kondisi tubuh mirip seperti ketika pasien sedang tidur. Karena dibuat seperti sedang tidur, walaupun pernafasan berjalan seperti biasanya tetapi pasien tidak akan merasakan rasa sakit.


Apa itu anastesi general?
Anastesi general menyebabkan seluruh tubuh hilang kesadaran, semua indera tidak berfungsi, dan tubuh tidak dapat melakukan gerakan refleks. Karena itu tubuh tidak akan merasakan sakit apapun selama operasi. Selain itu anastesi general merelaksasikan otot juga sehingga diperlukan pada saat operasi payudara, kontur wajah, dua rahang, dan sedot lemak.



Perbedaan paling besar antara anastesi lokal dan anastesi general adalah tidak bisa bernafas sendiri dan harus bergantung pada mesin untuk bertahan. Anastesi lokal hanya menaruh pasien pada kondisi tidur sedangkan anastesi general memblok pernafasan pasien sehingga pasien tidak dapat bernafas dengan sendirinya. Karena itu alat bantu pernafasan dibutuhkan untuk menjaga pernafasan pasien.



Masih banyak kan orang yang tidak mengerti perbedaan anastesi lokal dan anastesi general. Sekarang kamu sudah tahu kan perbedaannya? Aku berharap blog ini dapat membantu kamu~


Jika bapak/ibu memiliki pertanyaan, jangan sungkan
untuk bertanya kepada kami lewat
(Whatsapp, Kakaotalk, Line) di nomor (+82-10-7631-3033)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar