Selasa, 26 Desember 2017

Manfaat dan Efek Samping Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu yang dikeringkan lalu dibuat menjadi teh merupakan salah satu minuman herbal yang sangat sehat.


Kembang sepatu diketahui dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan dapat juga menguatkan system imunitas tubuh. Selain itu, kembang sepatu juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Belakangan ini, penelitian menyatakan bahwa kembang sepatu juga membuang oksigen aktif dari dalam tubuh dan kaya akan antioksidan.


Karakteristik dan manfaat kembang sepatu

Tidak mengandung kafein - Kembang sepatu tidak mengandung kafein.

Vitamin C – kembang sepatu kaya akan vitamin C sehingga baik untuk kecantikan dan pemulihan dari keletihan. Vitamin C baik untuk mencegah oksidasi kulit terhadap sinar UV, menjaga kesehatan kulit, dan juga untuk memutihkan kulit.

Asam sitrat dan asam malat – asam sitrat dan asam malat yang terkandung di dalam kembang sepatu dapat membantu metabolisme tubuh dan mengurangi kelelahan pada tubuh dan mata. Asam sitrat yang sangat penting untuk metabolisme gula juga membantu menyerap kalsium dan menghancurkan lemak yang tersisa di dalam darah. Selain itu manfaat lainnya juga dapat memperlancar peredaran darah dan membantu membuang kotoran dari dalam darah.

Kalium - kembang sepatu mengandung kalium yang dapat membantu proses diuretik. Dengan minum teh kembang sepatu dapat mengurangi mabuk karena alkohol dan bengkak pada tubuh.

Antosianin – warna merah muda yang terdapat pada kembang sepatu mengandung antosianin yang bermanfaat membantu mengatasi kelelahan pada mata.


Selain yang disebutkan diatas, kembang sepatu membantu mengurangi masalah konstipasi, membersihkan usus dan membantu proses pencernaan. Selain itu, kembang sepatu dapat membantu memperbaiki nafsu makan yang turun pada saat musim panas.


Efek samping umum
Kembang sepatu umumnya aman tetapi ada efek samping untuk beberapa orang. Wanita yang sedang hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi kembang sepatu. Terutama pada tahap awal kehamilan. Bunga ini mempunyai pengaruh terhadap hormon sehingga dengan mengkonsumsinya dapat meningkatkan kemungkinan keguguran. Selain itu, harap diperhatikan untuk wanita yang sedang menyusui. Tidak ada laporan yang menunjukkan kembang sepatu aman untuk anak-anak.

Orang yang menderita diabetes juga diharapkan berhati-hati dalam mengkonsumsi kembang sepatu. Untuk orang yang mengkonsumsi obat diabetes, kembang sepatu malah dapat semakin merendahkan indeks gula dalam tubuh seseorang.

Orang yang menderita tekanan darah rendah juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi kembang sepatu. Kembang sepatu dapat membuat tekanan darah seseorang menjadi lebih rendah. Untuk seseorang yang ingin melakukan operasi, konsumsi kembang sepatu harus dihentikan setidaknya 2 minggu sebelum operasi.

Selain itu, kadang-kadang ada orang yang melaporkan agak pusing setelah meminum teh kembang sepatu. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap reaksi pertama tubuh manusia setelah meminum teh kembang sepatu. 


Jika bapak/ibu memiliki pertanyaan, jangan sungkan
untuk bertanya kepada kami lewat
(Whatsapp, Kakaotalk, Line) di nomor (+82-10-7631-3033)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar