Kamis, 26 Oktober 2017

Kapan Waktu yang Paling Tepat untuk Minum Air Putih?


Tubuh kita banyak mengandung air. Apakah kamu pernah mendengar bahwa banyak minum air putih itu bagus untuk tubuh? Tetapi terlalu banyak minum air putih dalam satu waktu justru tidak baik untuk tubuh. 


70% dari tubuh kita mengandung air. Jika kandungan air di dalam tubuh kita berkurang maka jumlah darah juga berkurang dan dapat menyebabkan vertigo dan kelelahan. Jika tubuh kita kekurangan air melebihi 20% dapat menyebabkan kematian. Karena itu air merupakan komposisi penting untuk tubuh kita.

Banyak orang yang berpikir bahwa yang penting adalah banyak minum air putih. Jika kita terlalu banyak minum air dan air terbuang melalui kencing maka tidak akan ada masalah yang berarti di dalam tubuh kita. Tetapi jika kamu minum air terlalu banyak dalam satu waktu dapat menyebabkan kadar sodium dalam darahmu turun drastis sehingga dapat menyebabkan sakit kepala, muntah, vertigo, kram otot, dll. Paru-paru yang terisi air juga dapat menyebabkan kebengkakkan terutama bagi orang yang mempunyai penyakit jantung, ginjal, dan lever. Karena itu diwajibkan untuk berkonsultasi dengan dokter seberapa banyak air putih yang dapat diminum setiap hari.


Cara menghitung jumlah air yang dibutuhkan setiap harinya adalah dengan mengalikan berat badan dengan 30. Contohnya jika berat kamu 60kg maka jumlah air yang dibutuhkan adalah 1800mL. Biasanya 1~1.5L air didapat dari sayur atau buah dan sisanya dari air putih. Pada saat kamu berkeringat lebih banyak daripada hari biasanya atau untuk orang-orang yang jarang makan sayur dan buah sangat disarankan untuk minum air putih lebih banyak.


Untuk menjaga kesehatan baik untuk minum segelas air putih setelah bangun tidur. Kebiasaan ini menstimulasi perut untuk bekerja bertahap dari sejak pagi hari. Segelas lagi baik diminum 30 menit sebelum makan. Minum air sebelum makan membuat perut lebih cepat kenyang dan mencegah makan dalam jumlah yang terlalu banyak. Selain itu, minum segelas air putih sebelum mandi dapat membantu tubuh mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

Untuk orang lanjut usia, minum air putih sebelum tidur tidak dianjurkan. Biasanya pada saat tidur ginjal secara otomatis membuat tubuh kita menahan pipis tetapi dengan minum air putih sebelum tidur dapat mengganggu kerja ginjal dan dapat menyebabkan ngompol pada saat tidur. 


Selain itu, sebelum berolahraga juga sangat disarankan untuk minum air putih. Walaupun tidak haus tetapi karena selama olahraga kita berkeringat maka disarankan untuk minum air putih sebelum berolahraga. Banyaknya keringat yang dikeluarkan setiap orang berbeda-beda tetapi ada baiknya untuk minum air putih 2~3 teguk setiap 15 menit sekali.


Minum air putih hangat sangat disarankan setelah makan. Minum air putih hangat setelah makan dapat membantu proses pencernaan. Terutama orang yang menderita rahang pada usus, minum air dingin dapat memperburuk gejala radang.


Belakangan ini banyak dijual air putih dingin dalam kemasan botol di supermarket. Tetapi sekali segel tutup botol dibuka jumlah kuman yang tertinggal di tutup botol meningkat jadi jangan minum dari air putih botolan pada keesokan harinya. 



Jika bapak/ibu memiliki pertanyaan, jangan sungkan
untuk bertanya kepada kami lewat
(Whatsapp, Kakaotalk, Line) di nomor (+82-10-7631-3033)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar