Selasa, 19 September 2017

Tips Mengatasi Insomnia yang Terbukti Secara Ilmiah


1. Jam tidur yang teratur
Tidur dan bangunlah pada waktu yang sudah ditentukan. Pastinya banyak sekali yang suka begadang dan tidur sampai siang bolong di hari libur kan? Ini mengakibatkan jam kerja tubuh kita juga berubah. Oleh karena itu, biasakanlah tidur dan bangun pada waktu yang teratur.


2. Persiapkan tempat tidur yang nyaman
Kamar tidur yang nyaman sangat membantu memperoleh tidur yang lelap. Mulai dari seprai yang halus, selimut yang hangat, bantal yang tepat, sampai baju tidur yang nyaman sangat berperan penting. Posisikan komputer dan TV jauh dari ranjang dan gunakan gorden agar cahaya dari luar tidak menggangu. Suara yang sangat kecil saja dapat menggangu tidurmu, oleh karena itu akan lebih baik jika dipastikan semua benda yang dapat mengeluarkan suara telah dimatikan.


3. Suhu ruangan yang sejuk
Suhu tubuh kita akan menurun saat kita tidur. Dengan mengatur suhu ruangan menjadi sejuk akan membuat tidur lebih lelap. Salah satu dokter ahli di New York mengatakan bahwa suhu tubuh yang semakin meningkat akan membuat kita semakin mudah terbangun. Suhu yang tepat adalah sekitar 20ºC.



4. Makanan ringan
Rasa lapar yang menyerang sebelum tidur memang sudah biasa. Tapi, hati-hati! Makanan yang kamu makan sebelum tidur dapat menjadi racun bagi tubuh kita loh. Sebaiknya konsumsi lah makanan yang ringan agar lebih mudah tidur. Serotonin adalah hormon yang dibutuhkan untuk memicu rasa kantuk. Asam amino triptofan dibutuhkan untuk memproduksi serotin dan agar otak kita dapat menyerapnya lebih mudah, konsumsi karbohidrat adalah pilihan yang tepat. Biji-bijian, biskuit, kacang tanah, butter, almond, pisang, dsb adalah beberapa pilihan alternatif untuk cemilan di malam hari.


5. Mengontrol konsumsi kafein
Minum secangkir kopi di pagi hari memang dapat membuat kita lebih segar dan tidak mengantuk. Namun sebenarnya, kafein memiliki fungsi untuk menunda rasa kantuk kita. Maka itu, disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi di sore hari. Bukan hanya kopi, namun juga es teh, teh herbal, teh hitam, dll sebaiknya dikonsumsi min 6 jam sebelum tidur karena kandungan kafein yang ada di dalamnya.


6. Jauhkan cahaya dan sinar
Cahaya dari TV, komputer, handphone, tablet, dan lainnya menipu otak kita sehingga otak kita berpikir bahwa hari masih siang. Singkirkan barang-barang ini dari sekitarmu sebelum tidur. Jika tidak, kamu memerlukan waktu lebih lama untuk tertidur sehingga keesekon harinya tidak dapat bangun dengan kondisi segar. Jika kamu harus menggunakan peralatan yang mengeluarkan cahaya saat menjelang tidur, gunakan aksesoris ataupun aplikasi yang berguna untuk menghalangi cahaya berlebih dari benda-benda tsb.


7. Jangan olahraga dekat jam tidur.
Olahraga yang teratur dapat membuat tidurmu lebih nyenyak. Namun, jam olahraga itu sangat penting. Misalnya, jika kita baru selesai berolahraga kan pastinya berkeringat, apalagi tubuh kita sedang dalam kondisi sangat aktif dan segar, sehingga rasa kantuk pun hilang. Melakukan yoga dan pilates 3 jam sebelum tidur adalah olahraga yang sangat tepat karena membantu tubuhmu lebih rileks.


8. Bosan
Menonton film horror sebelum tidur tentunya tidak akan membantu karena kamu pasti jadi lebih segar. Umumnya, perasaan dan suasana yang tenang akan memicu rasa kantuk datang. Oleh karena itu, jangan menonton, membaca, atau melakukan hal-hal yang dapat membuat rasa kantukmu hilang. Jika suasana hati kita tenang, rasa kantuk juga lebih mudah muncul. Baca buka sejarah, dll untuk menenangkan pikiran dan suasana agar rasa kantuk lebih cepat datang. 


Jika bapak/ibu memiliki pertanyaan, jangan sungkan
untuk bertanya kepada kami lewat
(Whatsapp, Kakaotalk, Line) di nomor (+82-10-7631-3033)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar