Jumat, 18 Agustus 2017

Tips Menurunkan Bengkak

Setiap pagi pastinya bingung dengan wajah yang kelihatan bengkak. 

Bengkak itu bisa disebabkan karena penyakit ginjal maupun hal lainnya seperti insomnia, nyemil di malam hari, pekerjaan yang harus berdiri lama, konsumsi makanan terlalu asin, dll. 

Selain penyebab bengkak karena aktifitas sehari-hari, sekarang ini juga banyak bengkak yang disebabkan karena efek dari operasi plastik. 

Nah, sekarang aku akan berbagi tips menurunkan bengkak.


<Pola hidup>




1. Memperbaiki posisi tidur
Kebiasaan tidur dalam posisi tengkurap atau tanpa bantal kepala dapat membuat wajah bengkak karena peredaran darah yang tidak lancar. Namun, bantal yang terlalu tinggi juga dapat memicu timbulnya keriput pada leher dan nyeri dan sakit di sekitar sendi dan otot rahang yang mengontrol kunyahan.



2. Postur badan yang tepat dan peregangan
Forward Head Posture (FHP) dan skoliosi banyak terjadi pada karyawan kantoran yang menghabiskan waktu seharian duduk di depan komputer. Punggung dan tulang leher yang bengkok membuat peredaran darah menjadi tidak lancar, sehingga wajah, tangan, dan kaki menjadi kesemutan dan dapat membengkak. Oleh karena itu, lakukan peregangan setiap 1 jam sekali.



3. Kebiasaan nyemil di malam hari dan konsumsi makanan asin
Nyemil sebelum tidur adalah kebiasaan yang sangat buruk. Oleh karena itu, jangan makan setelah jam 6 sore. Lalu mengkonsumsi makanan asin akan membuat kita banyak minum air sehingga esok harinya wajah menjadi bengkak.


<Makanan>

1. Rumput laut
Rumput laut banyak mengandung serat, mineral, dan iodin. Konsumsi rumput laut, kelp, alga hijau, dll akan membantu suplai oksigen sehingga memperlancar peredaran darah dan membersihkan darah.



2. Susu
Minum susu setelah makan makanan asin dapat membantu membersihkan dalam tubuh dari kandungan garam. Makan mi instan atau makanan lain yang mengandung kandungan garam yang tinggi di malam hari dapat menyebabkan bengkak keesokan harinya. Gunakan banyak air saat merebus mi dapat membantu mencegah bengkak.



3. Labu manis tua dan kacang merah

Menurut Dongui Bogam (buku catatan pengobatan yang disusun oleh seorang Tabib Raja di Korea), labu manis tua dan kacang merah bagus untuk jantung, hati, limpa, paru-paru, dan ginjal, serta melancarkan kerja ginjal. Umumnya setelah melahirkan, akan terjadi bengkak dan kerja ginjal juga melemah. Labu manis dan kacang merah ini dapat membantu mengatasi masalah ini.


Jika bapak/ibu memiliki pertanyaan, jangan sungkan
untuk bertanya kepada kami lewat
(Whatsapp, Kakaotalk, Line) di nomor (+82-10-7631-3033)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar