Penting Untuk Tahu Tentang Propofol!



Penting Untuk Tahu Tentang Propofol!


>Apakah propofol obat yang berbahaya?

"Propofol” yang sudah dikenal sejak tahun lalu yang menjadi racun di kalangan artis, menjadi topic pembicaraan kembali.
Setelah diketahui penyebab kematian Michael Jackson pada tahun 2009, adalah karena Propofol, membuat propofol yang terkenal di dalam negeri menjadi ditakuti.

Di berita TV banyak nama artis yang ditambahkan kata ‘obat terlarang’, ‘ketagihan’,’ suntikan’ dll, sehingga membuat banyak orang biasa yag tak tahu tentang Propofol mengira bahwa Propofol adalah obat terlarang yang bias menyebabkan ketagihan seperti heroin.

Di internet banyak informasi yang menyimpang dan dibesar-besarkan disbanding TV. Banyak orang biasa yang melihat TV lalu menulis pemikiran mereka di blog, café atau SNS hingga membuat berita yang tak benar.

Membuat Propofol menjadi obat terlarang berbahaya di Korea. Tapi apakah benar Propofol seberbahaya itu?, Propofol digunakan sejak tahun 1985 sebagai anastesi interverna yang berfungsi sebagai obat penenang dan obat bius. Propofol tidak menumpuk di dalam tubuh dan bias membius dalam waktu lama, efek samping seperti mual dan muntah-muntah sangat sedikit tidak seperti obat bius lain, sehingga membuatnya banyak digunakan di seluruh dunia.
 
>Penggunaan Propofol untuk obat bius dan penenang.

Tidak hanya Efek samping kecil yang dimiliki Propofol, tapi masa penyadaran cepat sehingga membuat kita cepat beraktifitas normal. Efek bius dan penenang akan terasa setelah 40 detik dan akan keluar melalui air kencing. Di Inggris sekitar 96.5% klinik urologi dan ortopedi menggunakan Propofol sebagai obat bius saat melakukan operasi.

Belakangan ini banyak berita tentang efekk samping dan bahaya dari propofol. Kasus penyalahgunaan dan ketergantungan propofol dari tahun 1992 hingga 2008 di seluruh dunia hanya 10 saja. Itupun 8 dari 10 orang tersebut adalah dokter anastesi, perawat anastesi, radiolog, serta karyawan bidang medis. Memang sangat jarang kasus yang melibatkan orang awam.
 
> Penyalahgunaan Propofol 

Walaupun benar bahwa propofol adalah obat yang bisa membuat ketergantungan. Maka sejak tahun 2011, dimasukkan menjadi salah satu obat psikotropika. Tapi hanya di Korea yang menetapkan Propofol sebagai obat psikotropika. Tapi Jepang, Amerika dan Eropa yang banyak menggunakan Propofol, tidak memasukkannya sebagai psikotropika, tapi hanya dianggap sebagai obat pengendali.



Pemasukkan Propofol sebagai jenis psikotropika, hanya karena Negara Korea sangat sensitive. Tapi perlu diketahui penggunaan propofol bukan sebagai “obat terlarang berbahaya” di bidang medis. Tapi perlu dipikirkan sekali lagi, bagaimana jika penggunaan obat ini harus dengan menggunaan analisa dan konsultasi dari ahi sehingga tidak menyebabkan penyalahgunaan.

Propofol bisa menimbulkan infeksi tergantung tingkat kesterilan, dan juga bisa menimbulkan rasa sakit dan tekanan darah rendah, sehingga perlu konsultasi dengan ahli sebelum pemakaian. Tapi penyalahgunaan dan ketergantungan propofol yang banyak dilakukan oleh para tenaga medis sehingga masalah. Tapi tidak boleh juga memberi tanggapan buruk kepada propofol yang selalu dianggap sebagai obat terlarang yang membahayakan, dan memberi tanggapan buruk pada artis yang menggunakan propofol sebagai pengobatan mereka.

Kepala Rumah Sakit Bedah Plastik Wonjin, Park Won Jin


  
Untuk perawatan, reservasi, dan penawaran harga silahkan mengunjungi
Website : http://wonjinbeauty.com
E-mail : w.inni@pwj.co.kr


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbaiki Tiap Jenis Secara Efektif Dagu Pendek Yang Kelihatan Murung

Bagaimana Cara Menyembunyikan Betis Bertelur

Mari kita menghilangkan garis senyum dengan cara mudah ~